Prof. Dr. rer. Oec Arfan Bakhtiar, S.T., M.T.

        

Prof. Dr. rer. Oec Arfan Bakhtiar, S.T., M.T., adalah dosen Departemen Teknik Industri yang mengajar sejak tahun 2007. Bidang kepakaran beliau adalah Manajemen Infrastruktur Mutu. Beliau menamatkan pendidikan S1 di Universitas Diponegoro pada tahun 1998. Beliau menamatkan pendidikan S2 di Institut Teknologi Bandung pada tahun 2001 dan menamatkan pendidikan S3 di Berlin Technische Universitat pada tahun 2014. Beliau meraih guru besar pada tahun 2023. Saat ini beliau aktif sebagai Ketua Prodi Magister Teknik dan Manajemen Industri Undip.

Mata Kuliah S1:

    • Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian
    • Standards for Engineering
    • Manajemen Proyek
    • Strategic Standardization
    • Proyek Teknik Industri
    • Pengendalian dan Penjaminan Mutu

Mata Kuliah S2:

    • Penelitian Operasional Lanjut
    • Metode Kuantitatif
    • Manajemen Infrastruktur Mutu
  • Employees’ Perception of Lean Six Sigma Implementation to Business Performance on Low-cost Budget Hotels (2022)
  • Assessing the impact of the COVID-19 pandemic on small and medium-sized enterprises performance (2022)
  • Analisis Pemilihan Suppliermenggunakan Metodeanalytical Network Process(Anp) Pada Pengadaan Komponen Rail Pad 158-7 (Studi Kasus: Pt.Pindad (Persero) (2021)
  • Impact of brand image, Halal status, and government certification on purchasing decisions for food and beverages (2021)
  • Process improvement design at PT URW using failure mode and effect analysis (2021)
  • Prastawa, H., Shofia, A., Bakhtiar, A., & Damayanti, M. (2022). Employees’ Perception of Lean Six Sigma Implementation to Business Performance on Low-cost Budget Hotels. Journal of Quality Assurance in Hospitality & Tourism, 23(6), 1375-1396.
  • Susanty, A., Puspitasari, N. B., Bakhtiar, A., & Prasetya, F. (2022). Assessing the impact of the COVID-19 pandemic on small and medium-sized enterprises performance. Frontiers in Psychology, 13.
  • Bakhtiar, A., Ningsih, N. R., & Sari, N. M. (1806). Impact of Brand Image, Halal Status, and Government Certification on Purchasing Decisions for Food and Beverages. IEOM Society International, 1813.
  • Sipayung, M. E. B., Bakhtiar, A., & Handayani, N. U. Study of The Effect of Service Quality Toward Customer Loyalty with Customer Satisfaction in Financial Service Industry at PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk at Cepu Branch as an Intervening Variable.
  • Bakhtiar, A., Suliantoro, H., Ningsi, R. H., & Pitipaldi, K. (2021). Relationship of quality management system standards to industrial property rights in Indonesia using Spearman correlation analysis method. In IOP Conference Series: Earth and Environmental Science (Vol. 623, No. 1, p. 012092). IOP Publishing.
  • Masyarakat Standardisasi Indonesia (MASTAN)
  • Forum Pendidikan Standardisasi (Forstan)
  • International Ergonomics Association (IEA)
  • Sosialisasi Prodi S1 dan S2 Teknik Industri Fakultas Teknik Undip Di SMU 1 Slawi Kabupaten Tegal (2022)

  • Pengenalan Jenis Kemasan Ramah Lingkungan (2022)

  • Pelatihan Pemasaran Strategis Melalui Iklan Instagram Untuk Meningkatkan Pengenalan Produk UMKM (2021)

  • Pelatihan Manajemen Resiko Pengadaan Proyek Engineering, Procurement, Construction and Commisioning PT. Sarana Pembangunan Jawa Tengah (2021)

  • Pelatihan Manajemen Risiko Bagi Mahasiswa Teknik Industri PTN/PTS Anggota BKSTI Wilayah Jawa Tengah (2021)
  • Pelatihan Pengendalian Kualitas Produk Injection MouldingDengan Menggunakan Peta Kendali Atribut dan T2 Hotelling di PT JordanPlastic-Semarang (2020)