Semarang – Pandemi Covid-19 melanda seluruh dunia, termasuk Indonesia, yang menyebabkan kerugian besar. Mulai dari sektor kesehatan, ekonomi, sosial, pendidikan dan lainnya. Salah satu contoh nyata adalah pembelajaran kuliah di Undip beralih dari tatap muka menjadi kuliah online. Hal ini karena kebijakan untuk mengurangi penularan Covid-19. Dampak lebih jauh, mahasiswa menjadi serba terbatas dalam belajar dan berkegiatan.

Namun kondisi ini tidak menghalangi mahasiswa HMTI (Himpunan Mahasiswa Teknik Industri) Undip untuk turut serta melawan pandemi Covid-19. Cara yang mereka gunakan ialah dengan membuat video pendek pencegahan Covid-19 dalam ajang lomba video pendek yang diikuti oleh mahasiswa teknik industri se-Indonesia. Lomba ini diadakan oleh BKSTI (Badan Kerjasama Penyelenggara Pendidikan Tinggi Teknik Industri) dalam rangka pelaksanaan kongres ke-9 tahun 2020.
Setiap 3 tahun BKSTI melakukan kongres tahunan dengan berbagai tema dan kegiatan. Pada tahun 2020 dengan kondisi pandemi yang masih terjadi membuat kongres berjalan secara online. Tema kongres tahun ini adalah “Peran Teknik Industri dalam Pemetaan & Akselerasi Industri di Era 4.0”.

Diadakan lomba video pendek dalm kongres ini. Dimana mahasiswa HMTI Undip mampu meraih prestasi peringkat 2. Video tersebut menceritakan bagaimana upaya HMTI mencegah penularan Covid-19 namun tetap produktif. Selain itu juga ada program KKN sebagai bentuk kepedulian. Video lengkapnya dapat dinikmati pada tampilan di bawah.