Semarang – Universitas Diponegoro menggelar workshop dengan mengusung tema “Analisis Data Exit Survey Dan Tracer Study Alumni Undip 2019” bertempat di Hotel Grasia Semarang, Rabu (9/10). Hadir dalam acara tersebut Rektor Undip Prof. Yos Johan Utama, Direktur Bisnis dan Hubungan Alumni Drs. Mujid F Amin, M.Pd beserta jajaran, dan 191 peserta dari kalangan akademisi Undip.

Rektor Undip Prof. Yos Johan dalam sambutannya berpesan agar tetap di jalur bersyukur kepada Allah SWT.

“Pengelolaan data SDM, data mahasiswa, dan data alumni harus sesuai dan tepat sasaran, karena hal tersebut diatas berhubungan dengan keselarasan dan kesejahteraan mahasiswa maupun SDM” tutur Rektor.

Direktur Bisnis dan Hubungan Alumni Undip Drs. Mujid F Amin, M.Pd dalam paparannya mengemukakan bahwa jumlah alumni Undip sampai saat ini berjumlah 212.522 alumnus dari yang sudah masuk data 130.000 alumnus. Mujid juga berharap bahwa workshop tersebut dapat bermanfaat bagi prodi dan universitas atas hasil data exit survey dan sumbangsih yang telah diterima oleh alumni, selain itu untuk mempermudah pencarian data alumni” ungkap Mujid.

Exit Survey dilakukan sebagai syarat mahasiswa mendaftar wisuda. Data berkaitan Exit Survey mengenai proses pembelajaran di kampus seperti akademik, fasilitas, dan sebagainya. Proses Exit Survey dapat dilakukan dengan lebih mudah karena melalui sistem yang harus dijalani. Sedangkan untuk Tracer Study dan Tracer Alumni membutuhkan usaha yang lebih karena alumni sudah terikat dengan kesibukannya masing-masing. Sehingga pengisian data Tracer Study oleh alumni masih sedikit.

Kondisi seperti itu dialami semua prodi di Undip, termasuk Departemen Teknik Industri. Dari 437 alumni Teknik Industri yang diwisuda tahun 2016-2019, hanya 43 alumni yang sudah selesai dan 25 alumni yang berstatus ongoing.

Sehingga dari kondisi tersebut, Pengelola mengharapkan partisipasi alumni dalam pengisian Tracer Study. Pengisian Tracer Study ini dilakukan dengan sasaran alumni dengan tahun wisuda 2016-2019 melalui aplikasi Tracer Study Undip ( https://tracerstudy.undip.ac.id/ ). Alumni dapat login aplikasi dengan mengakses menu login. Kemudian mengisi NIM dan password. Untuk password juga menggunakan NIM. Jika ada kendala terkait pengisian Tracer Study ini dapat menghubungi Akhmad Bukhori (WA 083838123042).

Besar harapan kami atas partisipasi alumni Teknik Industri untuk mengisi Tracer Study ini. Terima kasih banyak.