Beasiswa

Beasiswa merupakan bantuan keuangan yang diberikan kepada mahasiswa untuk keberlangsungan pendidikan yang ditempuh. Latar belakang adanya beasiswa ini karena adanya mahasiswa yang memiliki semangat dalam menjalani pendidikan namun terkendala dengan kondisi keuangan yang tidak cukup. Agar kendala ini tidak memutus pendidikan mahasiswa yang bersangkutan, maka diadakan beasiswa. Sehingga sasaran dari beasiswa yang tepat adalah mahasiswa yang memiliki kendala keuangan dalam menempuh pendidikan.

Beasiswa sendiri dibagi menjadi 2 berdasarkan pembiayaannya. Pertama yaitu beasiswa parsial. Beasiswa parsial merupakan bantuan keuangan yang melingkupi biaya studi saja, tidak termasuk biaya akomodasi dan uang saku. Kedua yaitu beasiswa penuh. Beasiswa penuh merupakan bantuan keuangan yang melingkupi seluruh biaya studi, akomodasi, dan uang saku/ kebutuhannya. Pemberi beasiswa dapat berasal dari universitas, lembaga pemerintah, swasta, alumni, dan sebagainya.

Dalam pengelolaan beasiswa di lingkungan Undip, terdapat beberapa jenis beasiswa yang disediakan yaitu BBM (Bantuan Belajar Mahasiswa), PPA (Peningkatan Prestasi Akademik), Bidik Misi, Beasiswa Super Semar, dan beasiswa dari instasi lainnya. Untuk detail informasi beasiswa dan teknisnya dapat membuka website Badan Administrasi Kemahasiswaan (BAK) Undip.

[Website BAK Undip]